Halaman

Minggu, 15 Desember 2013

Seleksi Masuk MAPRO (Magister Profesi psikologi) UGM

Seperti yang sudah saya tulis di artikel sebelumnya,  MAPRO UGM hanya menerima pendaftar yang berasal dari lulusan S 1 Psikologi. Proses pendaftaran relatif mudah yakni menunjukkan ijazah, dan juga keterangan dari BAN PT mengenai akreditasi fakultas anda. Disamping itu, mulai tahun 2013 kemaren peserta diminta untuk mengumpulkan rancangan proposal tesis sesuai jurusan yang ingin dimasuki. 
Proses seleksi masuk Mapro ini terdiri dari serangkain tes yang bervariasi. Semua peserta diwajibkan mengikuti semua rangkaian tes dan tidak ada cutting point di tengah seleksi. Berbeda dengan cara seleksi masuk MAPRO di Universitas Indonesia. Oya, Tulisan ini saya buat berdasarkan pengalaman saya mengikuti tes pada tahun 2012. 


ini saya masih menyimpan link jadwal ujian seleksi masuk MAPRO angkatan saya, yakni tahun 2012/2013
1. Tes ACEPT dan PAPS. Dua tes ini merupakan tes standar untuk masuk sekolah Pasca Sarjana UGM. Bagi mahasiswa Mapro, minimal ia harus meraih skor 500. Tes ACEPT adalah tes bahasa Inggris yang merupakan bikinan UGM. Ia sejenis TOEFL, hmm serupa namun tak sama. Yaaah subtes-subtes nya mirip yang ada di TOEFL. Sedangkan PAPS merupakan tes potensi akademik. Subtes-subtes dari PAPS juga standar seperti tes TPA lainnya, yakni biasanya ada kemampuan verbal, aritmatik dan logika geometri. 

2. Tes Keprofesian Dasar. Tes ini terdiri dari dua tahap yaitu soal pilihan ganda dan soal essay ( pembahasan kasus). Seperti judulnya, yaitu Keprofesian Dasar, maka tes-tes ini berisi soal-soal mengenai perihal profesi psikologi. Nah, jangan sepelekan tes ini. Karena tes bagian ini sangatlah teoritis. Bagi teman-teman yang telah lama lulus dari S 1 dan telah lama tak bersentuhan dengan teori psikologi, maka dianjurkan membaca ulang mengenai pelajaran itu kembali. Tidak perlu panik, belajarlah sesuai judul tes ini yakni ke-profesian dasar. Apa aja sih yang termasuk ke profesian? sssst.... ini penting nih. Catat ya. Yang termasuk ke-profesian adalah hal-hal yang HARUS dimiliki dan diketahui oleh seorang profesi PSIKOLOG. Apa aja kah itu? hmm kasih tau gag yaa?? mau tau aja atau mau tau banget?? hehehe... Keprofesian dasar itu mencakup kode etik, teori observasi dan wawancara, teori psikodiagnostik dan teori intervensi. Yups, kudu belajar lagi kan? Jangan sepelekan deh. =D
Nah, untuk soal essay nya itu tergantung jurusan yang kamu pilih. Jika kamu memilih jurusan Mapro bidang pendidikan maka akan diberikan kasus tentang pendidikan. Begitu pula untuk bidang jurusan lainnya. 

3. Kepribadian
disini tes nya juga terdiri dari beberapa sesi. Yakni LGD dan interview. Nah kalau untuk sesi ini tampilah apa adanya dirimu. Tidak perlu faking. Akan ada dua obsever yang akan menilai performansi kita. Pertanyaan-pertanyaan pada interview juga merupakan pertanyaan standar interview. so, tidak perlu khawatir. 

Sepertinya itu yang bisa saya bagi disini. Yah, intinya jangan sepelekan deh, kudu belajar. Oya dan juga jangan percaya mengenai informasi bahwa "lulusan S 1 Psikologi UGM pasti keterima di MAPRO UGM nya. JANGAN PERCAYA." itu hanyalah hoax dan mitos belaka. 

sip, now all i can say is GOOD LUCK for you who want to apply this program!!
Yeay!



Cheers!

Narastri Utami



12 komentar:

  1. Bu Nara.. sy minta penjelasannya, adakah penerimaan magister di UGM untuk lulusan yang non linear? sy lulusan s1 teologi dan berminat untuk masuk pasca sarjana jurusan psikolog pendidikan.
    terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  2. hmm,, saya hny bisa memberikan info tahun kemaren 2013 ya bu... setau saya kalau untuk yg s1 nya bukan psikologi, tetap bisa daftar di magister sains psikologi... namun bukan di magister profesi psikologi.. ibu bisa baca perbedaannya disini --> http://goo.gl/6GTGAO . namuuun kalau untuk info tahun 2014 ini sy kurang paham.. monggo langsung ke website resmi nya aja bu.. www.pskologi.ugm.ac.id . goodluck ya!

    BalasHapus
  3. mbak nara untuk verifikasi ijazah apa saja yang harus dibawa? jika kita minta diwakilkan bisa tidak ya? untuk ketentuan tes paps dan acept itu apakah nilainya hrs memenuhi 500 ya unt paps dan 450 untuk acept? jika nilainya belum memenuhi apakah masih bisa lanjut mendaftar? terima kasih

    BalasHapus
  4. hmm mbkk ada contoh soal2nya nggakk?? makasiee

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaah enggak punya contoh soall...:D

      Hapus
  5. hmm mbak kualifikasi seperti apa yang kira2 diterima mapro klinis ugm? mkasie

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo bercandaan saya dan teman2 adalah, yg diterima utk kuliah profesi psikolog adalah yg punya tampang "kotak sampah"... hehe.. maksudnya adalah orang-orang yang punya kepribadian bisa "menampung" keluh kesan orang lain.. punya kemampuan mendengarkan org lain... dll dll..

      hihihi... itu jawaban bercandaan tapi cukup serius jg lloooooh :D

      Hapus
  6. Mbak perkenalkan saya Restu Vistasari.. saya fresh graduate psikologi dari UAD berniat untuk masuk mapro UGM. saya boleh minta kontak mbak buat tanya tanya seputar pendaftaran dan persiapan yang harus disiapkan ga mbak ? hehe.. soalnya mbak kan sudah berpengalaman ? hehe.. ini email saya mbak restuvistasari@gmail.com.. jika mbak berkenan kontak nya dikirim ke pesan email saya ya mbak terimakasih ya mbak Narasti :)

    BalasHapus
  7. Ass.ww mbak nara, ttg akreditasi mapro d ugm tuh udah dpt lom? Spengetahuan sy dr bbgai referensi yg sy dptkn d ind blm ada mapropsi yg terakreditas, msh wait proses penilaiannya...
    Atau udah ada brita terkini?
    Thx b4
    Wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam mba madya, setau saya juga sampai tahun 2015, ini seluruh mapro psi di indonesia blm ada akreditasinya, karena dari BAN-PT pun masih merumuskan aspek2 apa saja yang harus dinilai.

      Namun sejauh ini, sepertinya iitu tidak menjadi masalah kok,
      karena sampai angkatan saya , yakni angkatan ke 9, sudah banyak alumni yang bekerja ataupun ada juga yg bisa melanjutkan s3 dgn beasiswa ke luar negri... :)

      Hapus
  8. Assalamualaikum, terima kasih atas tulisannya. Saya mau tanya, rata2 lulus kuliah magister profesi psikologi ugm brp tahun ya? Memang yg saya tahu ada 4 semester yg berarti 2 thn. Namun, dr cerita org bisa sampai 7 semester krn dosennya yg sulit ditemui.Mohon bantuannya, terima kasih mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung jurusan say! :D
      di UGM ada tiga jurusan, yaitu jurusan mapro PIO, klinis dan pendidikan.

      rata-rata paling cepat lulus adalah jurusan pio, disusul jurusan klinis dan terakhir jurusan pendidikan (hiks, saya jurusan pendidikan)

      sebenarnya alasan lama lulus bukan karena dosen susah ditemui, (yaaah mungkin itu bisa dijadikan alasan, tapi sepertinya kurang signifikan)

      kalau utk jurusan pendidikan, itu karena sistemnya memang membuat kami mustahil lulus dalam waktu empat semeseter... mustahil sekali.
      selama sejarah sampai angkatan ke saya, yakni angkatan sembilan. belum pernah ada anak jurusan mapro pendidikan yang lulus dalam waktu dua tahun pas. (itu kata dosen saya waktu dia meng-interview selekksi masuk sy)

      tapi yaaa,, tidak usah khawatir.. tetap jalani saja!! semua akan lulus pada waktu terindah nya kan? hihihii

      (NB : minta doanya ya, semoga akhir tahun 2015 ini saya bisa lulus!)

      Hapus